Kenalilah Kadar Gula Darah Normal Berdasarkan Usia

 Menjaga kadar gula darah tetap normal merupakan kunci utama dalam pengobatan dan pengelolaan diabetes yang efektif. Selain itu, menjaga kadar gula darah normal juga menjadi langkah penting dalam mencegah risiko terkena diabetes di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui informasi mengenai kadar gula darah normal.

Kenalilah Kadar Gula Darah Normal Berdasarkan Usia


Kadar Gula Darah Normal

Secara umum, kadar gula darah normal memiliki perbedaan tergantung pada usia seseorang antara lain:

 

Usia

Gula Darah Normal

Gula Darah Puasa

Gula Darah Setelah Makan dan Sebelum Tidur

< 6 tahun

 

100-200 mg/dL

± 100 mg/dL

± 200 mg/dL

6-12 tahun

 

70-150 mg/dL

± 70 mg/dL

± 150 mg/dL

>12 tahun

 

< 100 mg/dL

70-130 mg/dL

< 180 mg/dL (setelah makan)

 

100-140 mg/dL (sebelum tidur)



Kadar gula darah dapat bervariasi tergantung pada aktivitas fisik, jenis makanan, efek samping obat, dan faktor lainnya. Pada anak-anak, kadar gula darah cenderung lebih tinggi dan mudah berubah karena perubahan hormon tertentu.

Perubahan kadar gula darah dapat terjadi seiring waktu dan biasanya dipicu oleh beberapa faktor. Beberapa penyebab umum kadar gula darah meningkat termasuk dehidrasi, hormon, stres, penyakit tertentu, dan suhu ekstrem. Sementara itu, pola makan yang tidak teratur (misalnya melewatkan waktu makan), efek samping obat, dan insulin dapat menyebabkan kadar gula darah menurun.

Jika tidak dikontrol, kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat berdampak buruk pada kesehatan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan gangguan penglihatan, infeksi gigi dan gusi, masalah pencernaan, sering buang air kecil, hingga kerusakan saraf dan infeksi kronis pada kaki. Sementara kadar gula darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan gangguan irama jantung, sulit berkonsentrasi, gemetar, hilang keseimbangan, lemah, lesu, dan mudah lapar.

Mari kita mulai menerapkan gaya hidup sehat untuk membantu menjaga kadar gula darah agar tetap normal, dengan mulai berolahraga secara rutin, makan makanan yang kaya nutrisi dan seimbang, serta mengelola stres dengan baik. Jangan lupa untuk juga melakukan pemeriksaan darah secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara lebih pasti.